Kegiatan SIGMA (Studi Islam Generasi MIPA)  merupakan kegiatan bidang kerohanian Islam yang diselenggarakan oleh KM FMIPA Unhas dan menjadi agenda tahunan sebagai wasilah bagi mahasiswa angkatan 2020 untuk mempelajari ilmu-ilmu agama. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari, dimana mahasiswa baru akan diberikan materi-materi syar’i serta rangkaian acara lainnya.

Pada tahun ini, kegiatan SIGMA menerapkan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi COVID-19, segala kegiatan yang membuat orang berkumpul dibatasi termasuk kegiatan kampus. Hal tersebut dipertegas dengan keluarnya SE Mendikbud 4/2020 yang mengharuskan kegiatan perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya dilakukan secara daring dan berdasarkan PERWALI Makassar 53/2020 mengenai aturan berkumpul maksimal 50 orang dengan anjuran menerapkan protokol kesehatan dikarenakan situasi pandemi skala global, termasuk Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at-Ahad, tanggal 8-10 Januari 2021 baik Ikhwa dan Akhwat dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 479 orang yang terdiri dari 160 orang Ikhwan dan 319 orang Akhwat, dimana terdapat perbedaan materi yang diberikan antara Ikhwah dan Akhwat. Berdasarkan keterangan dari saudara Zhafaat Rahimi Zainal selaku koordinator, bahwa untuk Ikhwah yang di mulai pada hari Juma’at, materi terdiri Al-Qur’anul Karim pada hari pertama, dan Hakikat Kehidupan, Tauhid, Urgensi Menuntut Ilmu untuk hari kedua, serta di hari ketiga mencakup materi It’s Time to Hijrah! Dan Islam dan Ilmu Pengetahuan.  Sedangkan untuk Akhwat yang dimulai pada hari Sabtu, materi terdiri Saintis Muda Berkarakter Qur’ani dan Hakikat Kehidupan: Sudah Benarkah Hidup ini ? untuk hari pertama, serta di hari kedua mencakup materi Urgensi Menuntut Ilmu: Cas Imanmu dengan Menuntut Ilmu Syar’i. Selain pemberian materi terdapat pula beberapa rangkaian kegiatan lainnya seperti Pemberian materi selama kegiatan berlangsung, Diskusi tematik, Tartil Al qur’an, Games (Ranking 1), Pembagian Halaqoh Tarbiyah dan Pemberian hadiah serta  penutupan.

 “Regenerasi Saintis Ideal dengan Ilmu Syar’i sebagai Bentuk Rekonstruksi Peradaban Muslim MIPA” merupakan tema dari kegiatan SIGMA yang diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa baru dalam menuntut ilmu agama dan pengenalan bukan hanya terhadap lembaga, namun juga kepada sesama mahasiswa baru.

Program Kerja oleh: Bidang Kerohanian Islam

Pers Kegiatan oleh: Bidang Riset dan Kajian Strategis

Share this :

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments
    Archives
    Categories