(Program Reformasi Pola Sikap dan Pola Pikir)

Kegiatan PROGRESIP (Program Pola Sikap dan Pola Pikir) merupakan kegiatan kaderisasi  yang diselenggarakan oleh KM FMIPA Unhas dan diwadahi oleh Bidang Pengaderan BEM FMIPA Unhas yang menjadi agenda tahunan sebagai wadah perekrutan anggota baru. Selain menjadi wadah perekrutan, kegiatan ini juga hadir sebagai ajang pengenalan lembaga, pengembangan potensi serta minat dan bakat kader-kader baru yang selaras dengan cita-cita KM FMIPA Unhas. Kegiatan ini diadakan selama dua hari, dimana mahasiswa baru akan diberikan materi-materi kemahasiswaan kemudian ramah tamah mahasiswa baru dengan anggota KM FMIPA Unhas sebagai bentuk dari silaturrahmi.

Namun ditahun ini diikuti dengan keluarnya SE Mendikbud 4/2020 yang mengharuskan kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring dan berdasarkan PERWALI Makassar 53/2020 mengenai aturan berkumpul maksimal 50 orang dengan anjuran menerapkan protokol kesehatan dikarenakan situasi pandemi skala global, termasuk Indonesia, sehingga kegiatan Progresip menerapkan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Acara Pembukaan PROGRESIP 2020

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Desember 2020 diikuti oleh 558 orang mahasiswa baru dan 59 mahasiswa lama yang belum melewati progresip ini menerapkan konsep semi online, dimana sebanyak 40 orang mahasiswa baru dibagi dalam empat kelompok lalu setiap kelompok akan melewati tujuh pos materi secara luring, dan sisanya mengikuti materi secara daring. Dilansir dari koordinator acara kegiatan Puad Ary Prasetya, bahwa tujuh pos tersebut terdiri dari materi ke-MIPA-an, keorganisasian, kepemimpinan, dan kemahasiswaan pada hari pertama, serta di hari kedua mencakup materi kebersamaan, eksistensi diri, dan potensi diri. Kegiatan secara luring tentunya dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan yang berlaku serta mendapatkan rekomendasi dari pihak Fakultas. Begitu pula dengan rangkaian acara yang biasanya ditampilkan pada pembukaan serta penutupan kegiatan progresip, ditahun ini dikemas dalam bentuk daring yang terdiri dari dance modern, tari tradisional, video kreatif masing-masing kelompok, musikalisasi puisi, orasi bertema kebersamaan, serta persembahan dari mahasiswa baru angkatan 2020.

Bertemakan “Tetap Maju, dan Tetap Bersama” progresip diharapkan menjadi wadah pengenalan bukan hanya terhadap lembaga, namun juga kepada sesama mahasiswa baru, melihat kondisi pandemi yang membuat mereka tidak memungkinkan untuk berkuliah tatap muka secara langsung. Pandemi tidak menjadi halangan bagi mereka untuk saling mengenal dan tidak menjadikan halangan bagi lembaga untuk menanamkan nilai-nilai kader kepada calon anggota baru. Walaupun proses yang dilakukan secara semi online, namun substansi yang ingin disampaikan tercapai dengan berbagai macam konsep yang telah dibuat.

Oleh: Bidang Riset dan Kajian Strategis BEM FMIPA Unhas

Share this :

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *