Profil

           Lembaga Kemahasiswaan Fakultas khususnya BEM FMIPA Unhas memiliki dinamikanya tersendiri. Berdasarkan AD/ART KM FMIPA Unhas, pada tahun 17 Agustus 1963, diresmikan Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam (FIPPA). Diasumsikan pada tahun itu pula terbentuk organisasi kemahasiswaan. Sementara pada tahun 1996 lembaga kemahasiswaan tersebut berganti nama menjadi KM FMIPA Unhas sampai saat ini.

            KM FMIPA Unhas adalah organisasi mahasiswa tingkat fakultas di FMIPA Unhas. Dalam perkembangannya, KM ini memiliki Badan Legislatif (Majelis Permusyarawatan Mahasiswa), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan empat Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) diantaranya Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika), Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi), Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) dan Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio).

            Maperwa dipimpin oleh Ketua yang dipilih dalam sidang umum Maperwa. Sedangkan Bem dipimpin oleh Ketua Umum yang dipilih pada musyawarah Tertinggi KM FMIPA Unhas. Di tingkat HMD, memiliki lembaga eksekutif dan legislatif yang berkoordinasi langsung dengan lembaga tingkat fakultas. Konstitusi terdiri dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dan Format Pengaderan. Selain itu, di forum tertinggi Musyawarah Besar terdapat Rekomendasi yang bersifat Penting dan mendesak sebagai hasil saran dan masukan dari anggota KM FMIPA Unhas.

Share this :