Pelatihan Riset BEM FMIPA Unhas

 

Menurut Hopkins WG (2002) Research is all about addressing an issue or asking and answering a question or solving problem. artinya Riset adalah mengirimkan sebuah isu atau pertanyaan serta menjawab sebuah pertanyaan atau memecahkan masalah. Ada dua kunci penting dalam sebuah riset yaitu memunculkan sebuah pertanyaan (addressing issue) dan bagaimana menjawab dan memecahkan masalah tersebut (solving problem).

Bagi organisasi pergerakan, kegiatan me‘Riset’ adalah semacam ‘think tank’ yang akan memandu jalannya gerakan ke depan. Sangat diperlukan bagi organisasi yang memiliki arahan untuk merespons kebijakan eksternal. Apapun bentuknya, setiap kebijakan eksternal perlu didasarkan oleh analisis kondisi dan perencanaan strategi yang tepat. Untuk itu, Riset akan memainkan peran yang sangat vital, terutama ketika kondisi sosial-politik nasional berada dalam krisis, yang mengharuskan setiap gerakan massa untuk melakukan penyikapan dan memformat agenda perubahan sosial secara cepat.

Dalam melakukan riset menggunakan prosedur, metoda dan tehnik yang telah teruji dalam hal validitas dan reabilitas. Konsep validitas dapat di aplikasikan pada setiap aspek dari proses penelitian. Hal tersebut untuk meyakinkan bahwa di dalam riset prosedur yang benar (correct) telah digunakan untuk menjawab suatu pertanyaan sebagai titik tolak riset yang dilakukan. Reliability merujuk pada kualitas dari prosedur pengukuran atau pengambilan data. Jadi, bila suatu kegiatan/proses untuk mencari jawaban pertanyaan memenuhi keempat kriteria tersebut diatas, maka proses tersebut dapat dinyatakan sebagai riset (research).

Untuk dapat merealisasikan kriteria tersebut perlu adanya pemahaman yang lebih lanjut. Sekaligus merealisasikan program kerja BEM FMIPA Unhas periode 2017/2018 maka dipandang perlu diadakan suatu kegiatan yaitu ”Pelatihan Riset”.

Share this :

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*