Tanggal 1 Mei kota Chicago menjadi saksi tumpah ruahnya para buruh ke jalan.
Secara serentak buruh meletakkan seluruh alat kerja dan keluar dari pabrik-pabrik mengikuti panggilan dan seruan untuk menuntut hak serta kesejahteraan mereka.
Saat-saat itu merupakan moment terbesar bagi pekerja yang mempertunjukan kekuatan sebenarnya dari solidaritas erat antar mereka sebagai sesama kelas buruh, hal yang mungkin belum pernah dialami para pekerja dan gerakan pada saat itu.
_
_
Hal yang menjadi perhatian pada saat itu -tuntutan 8 jam kerja sehari- ketersambungan dan karakter yang terlihat pada pemogokan akbar tersebut memberikan dampak menunjukan eksistensi pergerakan buruh secara gamblang.
Gerakan buruh semakin tajam pada perkembangan pemogokan di hari-hari berikutnya.
_
Gerakan 8 jam kerja sehari mencapai puncaknya pada pemogokan akbar 1 Mei 1886, dengan sendirinya tercatat sebagai sebuah moment gemilang dalam sejarah perlawanan gerakan buruh di Amerika Serikat.
_
Setiap gerakan mempunyai titik balik dari gerakan itu sendiri, sampai dengan kelas buruh mampu melakukan kendali penuh atas revolusi yang mereka lakukan secara mandiri. Gerak laju kemenangan yang baru dialami oleh para pekerja dan buruh direbut paksa oleh kekuatan yang jauh lebih besar, perpaduan antara kekuatan elit kapital dan Kapitalis birokrat negara, yang berusaha menyingkirkan gerakan buruh yang militan.
_
Kejadian pada tanggal 3 dan 4 Mei 1886 yang juga dikenal dengan tragedi Haymarket, merupakan kejadian pertama yang berusaha membungkam gerakan mogok Mei. Demonstrasi yang berlangsung pada tanggal 4 Mei di lapangan Haymarket yang ditujukan untuk memprotes tindakan penyerangan brutal yang dilakukan oleh polisi di hari sebelumnya tanggal 3 Mei yang berlangsung di pemogokan buruh pengilingan McCormick.
_
Sejarah di Haymarket pada kurun waktu 1886 dan apa yang dialami oleh buruh sampai dengan saat ini adalah perlawanan mereka untuk terus berjuang dan menciptakan moment mengubah nasib mereka sebagai kelas yang tertindas.
Setiap peristiwa yang buruh rasakan adalah bentuk nyata dari penindasan yang tak mengenal ujungnya.
_
_
#TolakOmnibusLaw
#MayDay2020

Share this :

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *